MAKALAH TENTANG
OBSERVASI DI PERUSAHAAN M’POINT
Kelompok
FAJAR
SUSILO (116020441)
INDRA
CAHYANA (116020422)
DIDIT
PRIBADI (116020431)
KELAS
1 L MANAJEMEN
UNIVERSITAS
SWADAYA GUNUNG JATI
CIREBON
2016/2020
Kata Pengantar
Puji syukur kami
panjatkan kehadirat Allah SWT. yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya
kepada kami sehingga kami berhasil menyelessaikan makalah ini yang
Alhamdulillah tepat pada waktunya yang berjudul “Observasi di perusahaan
m’point”.
Makalah ini berisikan tentang observasi kita di perusahaan m’point
makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua
tentang wirausaha yang bisa lebih dikembangkan lagi dan menjadi
wirausahawan yang bermutu.
Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna , karena itu
kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan
demi kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan
serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir, Semoga Allah
SWT.senantiasa meridhoi segala usaha kita. Amin
Cirebon, 05 November 2016
Fajar Susilo
Indra Cahyana
Didit Pribadi Darum
Daftar isi :
Cover
Kata Pengantar
Daftar Isi
Daftar Tabel
Daftar Gambar
Daftar Lampiran
Kata Pengantar
Daftar Isi
Daftar Tabel
Daftar Gambar
Daftar Lampiran
1. BAB I PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang...........................................................................................
1.2 Rumusan masalah......................................................................................
1.3 Tujuan penulisan........................................................................................
1.4 Manfaat Penulisan......................................................................................
1.1 Latar Belakang...........................................................................................
1.2 Rumusan masalah......................................................................................
1.3 Tujuan penulisan........................................................................................
1.4 Manfaat Penulisan......................................................................................
2. BAB II KAJIAN TEORI
2.1 Pengertian Manajemen................................................................................
2.2 Prinsip Manajemen......................................................................................
2.3 Fungsi-Fungsi Manajemen..........................................................................
2.4 Kurang lebih tentang bidang-Bidang Manajemen........................................................................
2.1 Pengertian Manajemen................................................................................
2.2 Prinsip Manajemen......................................................................................
2.3 Fungsi-Fungsi Manajemen..........................................................................
2.4 Kurang lebih tentang bidang-Bidang Manajemen........................................................................
3. BAB III PEMBAHASAN
3.1 Profil Perusahaan........................................................................................
3.1.1 Sejarah Perusahaan..................................................................................
3.1.2 Produk yang di pasarkan.........................................................................
3.1 Profil Perusahaan........................................................................................
3.1.1 Sejarah Perusahaan..................................................................................
3.1.2 Produk yang di pasarkan.........................................................................
3.2.
Perencanaan..............................................................................................
3.2.1.1 Visi dan Misi.......................................................................................
3.2.1.2 Rencana Jangka Panjang....................................................................
3.2.1.3 Rencana Jangka Menengah................................................................
3.2.1.3 Rencana Jangka Pendek.....................................................................
3.2.1.1 Visi dan Misi.......................................................................................
3.2.1.2 Rencana Jangka Panjang....................................................................
3.2.1.3 Rencana Jangka Menengah................................................................
3.2.1.3 Rencana Jangka Pendek.....................................................................
3.2.2.
Pengorganisasi .....................................................................................
3.2.2.1 Struktur organisasi...............................................................................
3.2.2.2 Job Descriptioan dan Job spesification..................................................
3.2.2.3 Sistem Rekrutmen.................................................................................
3.2.2.1 Struktur organisasi...............................................................................
3.2.2.2 Job Descriptioan dan Job spesification..................................................
3.2.2.3 Sistem Rekrutmen.................................................................................
3.2.3.
Pengarahan..............................................................................................
3.2.3.1 Proses Koordinasi atau komunikasi.......................................................
3.2.3.2 Proses pemberian motivasi....................................................................
3.2.3.1 Proses Koordinasi atau komunikasi.......................................................
3.2.3.2 Proses pemberian motivasi....................................................................
3.2.4
Pengawasan..............................................................................................
3.2.4.1 Proses pelaporan kinerja........................................................................
3.2.4.2 Proses penilaian kinerja.........................................................................
3.2.4.3 reward and punishment.........................................................................
3.2.4.1 Proses pelaporan kinerja........................................................................
3.2.4.2 Proses penilaian kinerja.........................................................................
3.2.4.3 reward and punishment.........................................................................
4. BAB IV KESIMPULAN
PENUTUP
a.
Kesimpulan
b.
Saran
LAMPIRAN-LAMPIRAN
Lampiran 1 Dokumentasi Kegiatan
Lampiran 2 Hasil Wawancara
Lampiran 3 Powerpoint Presentasi
Lampiran 1 Dokumentasi Kegiatan
Lampiran 2 Hasil Wawancara
Lampiran 3 Powerpoint Presentasi
BAB I PENDAHULUAN
1.1
Latar Blakang
M’point resto and cafe, yang berdiri awal di wahidin dari th2014 sampai
2015, lalu th2015 sampai sekang. dia mulai mengembangan bisnisnya dan mencoba
keperuntungan untuk membuka baru yang terletak di Grage City Mall.
M’point sendiri ialah restoran yang memiliki menu yang unik dari
berbagai daerah dan juga internasional. Contoh masakan unik dari dalam daerah
yaitu : Pisang Ijo makanan khas dari Makasar, Patin Bakar Bambu dari
Kalimantan, DLL. Dan masih banyak lagi menu makanan-makanan yang terbilang unik.
Dan seperti kalian tahu, bahwa makanan sendiri adalah sumber energy
kita yang memang di butuhkan oleh tubuh. Dan jika kalian memiliki jiwa bisnis,
kenapa tidak jika kita membuka sebuah resto dan memenuhi energy-energy setiap
orang dengan bonus keuntungan dari penjualan.
Kami di sini akan sedikit memaparkan tentang bisnis cafe and resto yang
bernama M’point ini. Baiknya jika ada kurang atau salah kata, kami mengharapkan
teguran dan kritik untuk menjadi lebih baik.
1.2 Rumusan Masalah
1.
Kenapa kami melakukan observasi di
Cafe and Resto?
2.
Apa yang bisa di jelaskan dari
bisnis Cafe and Resto?
3.
Mengapa Memilih Cafe and Resto
sebagai tujuan Observasi?
4.
Seberapa besar bisnis Cafe and
Resto mencampuri kehidupan sosial?
5.
Apa yang bisa di jadikan referensi
dalam bisnis Cafe and Resto?
1.2
Tujuan Penulisan
1.
Melakukan Observasi di kafe dapat
pengalaman yang lebih uniq dalam bidang bisnis yang mudah untuk dijalankan.
Karna kebutuhan seseorang terhadap makan adalah kebutuhan sosial .
2.
Cafe and Resto bisa di jadikan
sebagai bahan pertimbangan untuk membuka bisnis awal bagi pemula, karna resto
sendiri mudah di jalankan dan ke untungan dari penjualan pun tidak ada kata
turun, dari adanya pun pasti datar-datar saja untuk keuntungannya.
3.
Agar dapat pengalaman bisnis dan
manajemen tentang resto. Agar kita bisa lebih memahami bidang resto itu
sendiri.
4.
Seperti yang kalian tahu, resto
yang menjual makanan adalah target dari setiap individu seseorang untuk mengisi
energynya masing-masing.
5.
Referensi dari setiap bisnis
adalah baik. Tapi bisnis tentang makanan lebih mudah untuk di kembangkan bagi
seorang wirausahawan, dan lebih luas bidangnya terhadap perekonomian.
1.3
Manfaat Penulisan
Untuk itulah saya
menyusun makalah ini untuk membahas tentang bagaimana menjadi seseorang yang
siap untuk menghadapi evolusi zaman yang perkembangannya sangat cepat yaitu
dengan menjadi seorang wirausaha. Dan yang akan saya bahas dalam makalah ini
adalah mengenai usaha “Cafe and Resto” dan cara bagaimana mengembangkan usaha
dengan posisi kita sebagai wirausaha maupun wiraswasta..
Saya berharap penulisan
makalah ini bermanfaat bagi mahasiswa atau masyarakat yang ingin menjadi
seorang wirausaha yang bermutu dan membuka lapangan kerja baru. Semoga makalah
ini memberikan bekal, motivasi, dan semangat untuk membangun sebuah bisnis.
BAB II KAJIAN TEORI
2.1 Pengertian Manajemen
Kata Manajemen berasal dari bahasa Perancis kuno menagement,
yang memiliki arti "seni melaksanakan dan mengatur."
Kata
manajemen mungkin berasal dari bahasa
Italia (1561) maneggiare yang berarti
"mengendalikan," terutama dalam konteks mengendalikan kuda, yang
berasal dari bahasa latin manus yang berarti "tangan".Lalu
mengadopsi kata ini dari bahasa Inggris menjadi menagement,
yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur.
2.2 Prinsip
Manajemen
Prinsip-prinsip manajemen adalah dasar-dasar dan nilai yang menjadi inti dari keberhasilan
sebuah manajemen.
Menurut Henry Fayol.
seorang industrialis asal Perancis, prinsip-prinsip dalam manajemen sebaiknya
bersifat lentur dalam arti bahwa perlu di pertimbangkan sesuai dengan
kondisi-kondisi khusus dan situasi-situasi yang berubah. Prinsip - prinsip umum
manajemen menurut Henry Fayol terdiri dari.
2.3
Fungsi-Fungsi Manajemen
Fungsi manajemen adalah elemen-elemen
dasar yang akan selalu ada dan melekat di dalam proses manajemen yang akan
dijadikan acuan oleh manajer dalam melaksanakan kegiatan untuk mencapai tujuan. Fungsi manajemen pertama kali
diperkenalkan oleh seorang industrialis Perancis bernama Henry Fayol pada awal
abad ke-20.ketika itu, ia menyebutkan lima fungsi manajemen, yaitu merancang,
mengorganisir, memerintah, mengordinasi, dan mengendalikan.
2.4 Kurang lebih
tentang bidang-Bidang Manajemen
·
Manajemen pergantian
·
Manajemen komunikasi
·
Manajemen constraint
·
Manajemen biaya
·
Manajemen harga
pendapatan, Etc.
BAB III PEMBAHASAN
3.1
Profil Perusahaan
Jadi terciptanya M’point sendiri adalah dari salah satu
ownernya yang juga memiliki salah satu perusahaan besar di cirebon dan memiliki
suatu komunitas yang memang beberapanya adalah pendiri m’point itu sendiri. Dan
dikarnakan seringnya meeting dan hangout di restoran-restoran yang memang tidak
menentu. Akhirnyadari setiap owner pendiri melakukan galanganan dana untuk
membuka resto sendiri yang memiliki nama M’point yang berarti Meeting Point
agar bisa hangeout dan meeting di suatu tujuan dalam lingkungan yang memang
menjalankan bisnis juga.
3.1.1 Sejarah Perusahaan
M’point resto and cafe, yang berdiri awal di wahidin dari th2014 sampai
2015, lalu th2015 sampai sekang. dia mulai mengembangan bisnisnya dan mencoba
keperuntungan untuk membuka baru yang terletak di Grage City Mall.
3.1.2 Produk yang di pasarkan
Prodak yang dipasarkan lebih ke Universal
karena M’point sendiri menyediakan makanan-makanan yang memang mengambil tema
dari berbagai daerah seperti Pisang Ijo makanan khas dari
Makasar, Patin Bakar Bambu dari Kalimantan, dll. Dan ada juga makanan
mancanegara seperti nasi goreng asia, Spaggheti, dll.
3.2. Perencanaan
3.2.1.1 Visi dan Misi
Visi M’point sendiri ialah memberikan wadah
bagi temen-temen komunitas owner, jadi visinya adalah agar bisa mendatangkan
mereka ke M’point dari pada resto lain. Di samping memberi wadah bagi
komunitas, M’point juga menjalankan bisnisnya di atas komunitas itu sendiri.
Misinya adalah mencakup
semua kalangan mau itu komunitas itu sendiri, family, dan juga untuk tempat
nongkrong anak-anak muda. Yang intinya untuk memperbesar bisnis.
3.2.1.2 Rencana Jangka Panjang
Mungkin lebih ke survive dari segi oprasional
dan ingin resto M’point ini berjalan sebaik-baiknya. Yang mungkin tidak
menginginkan untuk berandai-andai dan tetap sadar untuk menjalani bisnis ini
sendiri. Jadi intinya kita tetap jalani aja dulu yang sekarang dan besok pasti
akan jadi lebih baik.
3.2.1.2 Rencana Jangka Menengah
Untuk jangka
menengahnya mungkin itu hanya sekedar target-target dan saat kita bicara
tentang target kita membicarakan tentang angka, karena resto M’poin ini
berjualan, berwirausaha, dan berbisnis. Jadi kita setiap minggunya menginginkan
grafik penjualan kita selalu meningkat.
3.2.1.2 Rencana Jangka Pendek
Kita lebih seperti yang di jangka panjang dan
menengah, kita survie aja dan mengingkan grafis dengan dinamika yang baik.
Untuk strutur organisasi sih lebih standar
rumah makan seperti owner, manajer, manajer on duty (narasumber), kepala chef,
lalu turun ke waiters dan lain-lain.
3.2.2.2 Job Descriptioan dan Job spesification
Karna terlalu banyak jika di sebutkan itu
akan memakan waktu yang lumayan lama, tapi jika dari saya pribadi tentang Job
Specification manajer on duty sih standar manajerial untuk menjadi admin yang
bagaimana caranya dari hari ke hari M’point bisa berjalan semestinya saja tanpa
ada miss dan lain-lain. Kalo untuk kesalahan pasti ada tapi kita disini dengan
teman-teman yang lain saling mengingatkan dan sadar diri, jadi kita lebih
mengurusi sebuah masalah yang ada dengan system kekeluargaan.
3.2.2.3 Sistem Rekrutmen
Kalo untuk sistem
rekrutmen sendiri kita lebih ke pendekatan biasa saja karena kita jugakan
perorangan jadi kita lebih ke pribadi dia sendiri sih kita engga mamacu untuk
“kamu harus sudah berpengalaman” kita lebih ke “ayo kita sama-sama belajar
untuk jadi yang lebih baik” karena kita jugakan menginginkan perusahaan kita
untuk berkembang dan menjadi lebih baik.
3.2.3.1 Proses Koordinasi atau komunikasi
Untuk Proses Koordinasi atau komunikasinya
sendiri kita lebih ke sistem kekeluargaan saja, agar tidak canggung dan tidak
ada batas atasan atau bawahan. Karna dari awalnya juga kita membentuknya secara
kekeluargaan jadi sekarang kami disini saling melengkapi agar bisa seperti
keluarga sendiri, karna sistem organisasi juga bisa menghancur organisasi itu
sendiri.
3.2.3.2 Proses pemberian motivasi
Kalo untuk proses pemberian motivasi sih saya
lebih ke liat seseorangnya dulu. Karena setiap orangkan memiliki sifat dan
masalahnya masing-masing, kaslo saya melihat karyawan saya ada yang kondisinya
lagi down, saya pasti langsung memberi masukan terhadapnya untuk menyemangati
dan mensupportnya. Kita untuk motivasinya sendiri sih kita tanemnya seperti,
kita kerjakan untuk ibadah dan kalo ibadahkan harus di kerjakaan dengan
sungguh-sungguh, jadi intinya sih hasil kerja kita tergantung diri kitanya
sendiri, seperti hasil yang kamu dapetin ya tergangtung kinerja kamu sendiri,
kalo kamu kerjanya baik kamu pasti akan dapet yang terbaik juga, karena proses
tidak akan membohongi hasil.
3.2.4 Pengawasan
3.2.4.1 Proses pelaporan kinerja
Itu mungkin udah jadi rutinitas kita, biasanya sebelum mereka closing resto mereka selalu mencatat apa yang harus di beli untuk keesokan hari karna kitakan disini menjual makanan dan kita jugakan mau engga mau harus selalu mensupplai ulang makanan yang memang stoknya harus di penuhi.
3.2.4.1 Proses pelaporan kinerja
Itu mungkin udah jadi rutinitas kita, biasanya sebelum mereka closing resto mereka selalu mencatat apa yang harus di beli untuk keesokan hari karna kitakan disini menjual makanan dan kita jugakan mau engga mau harus selalu mensupplai ulang makanan yang memang stoknya harus di penuhi.
Dan kadang juga ada
sedikit masalah antara waiters dan orang dapur, itu biasanya kita langsung
tuntaskan hari itu juga saat ada laporan, karna jika ada masalah yang
berlarut-larut pasti tidak akan baik. Pokoknya setiap ada kekurangan atau
masalah, mereka pasti langsung memberi laporan kepada saya.
3.2.4.2 Proses penilaian kinerja
Kalo untuk proses penilaian sendirikan biasa
baik atau buruk, ya kalo engga baik udah di pastikan buruk. Tapi ya mau baik
buruk selama itu masih bisa di perbaiki saya juga lebih melihat “mau di
perbaiki atau tidak”. Saya lebih berfikir positif saja, karena saya pun masih
belum bisa mengatur semuanya sendiri, jadi lebih ke intopreksi diri aja lagi.
3.2.4.3 Reward and Punishment
Kalo untuk reward sih pasti selalu ada untuk
yang terbaik cuman itu mungkin bisa di bilang seperti kenaikan gajih. Kalo
untuk Punishment sendiri kita paling bermain SP, karna kita engga mau
muluk-muluk. Seperti yang saya bilang tadi “mau di perbaiki atau tidak”.
BAB IV KESIMPULAN
PENUTUP
a. Kesimpulan
Kesimpulan dari observasi kami di Cafe and
Resto M’point ini menambah banyak wawasan dan menambah pembelajaran baru
tentang sistem manajerial di sebuah resto. Karena kami dari pribadi
masing-masing pun ada yang menyukai tentang bisnis resto ini sendiri. Jika bisa
memberikan wadah bagi komunitas sambil berwirausaha kenapa tidak ambil sedikit
tantangan.
b. Saran
Untuk ukuran bisnis Cafe and Resto yang kami
lakukan research, ada potensi yang memang sangat besar untuk mengembangkan
sayap baru. Karena itu kami sangat berharap dan senang untuk menanti akan
hadirnya cabang baru, tempat baru yang lebih bergengsi, tempat yang memang
tidak hanya untuk hangout dan meeting semata, dan yang lebih pastinya tempat
yang bisa mewadahisemua kalangan.
Cirebon, 05 November 2016
Fajar Susilo
Indra Cahyana
Best Roulette Sites in India | Best Casino Bonuses - Wooricasinos
BalasHapusList of Best Titanium Tube Roulette Sites in India · 카카오스포츠 Bovada.lv Casino · Ignition 검증 사이트 · Super 스포츠라이브스코어 Slots.lv · NetBet · 해외 배팅 사이트 Betsoft · Betsoft · Playn GO · 888 Casino.
Harrah's Cherokee Casinos & Hotel - Mapyro
BalasHapusFind 김해 출장마사지 Harrah's Cherokee Casinos & Hotel locations, 하남 출장샵 rates, 동두천 출장마사지 amenities: expert Cherokee research, only 계룡 출장안마 at Hotel and Travel Index. 충청남도 출장샵